Translate Language


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sejarah Tatar Sunda Dimasa Prasejarah | Mitos dan Sejarah

Tatar Sunda Antara Mitos dan Sejarah : Tatar Sunda atau Tatar Pasundan adalah nama sebuah wilayah di Pulau Jawa, yang keindahan alamny...

Tatar Sunda Antara Mitos dan Sejarah :

Tatar Sunda atau Tatar Pasundan adalah nama sebuah wilayah di Pulau Jawa, yang keindahan alamnya tidak akan terlupakan, terutama di daerah yang dikenal dengan Priangan atau Parahyangan. Gunung-gunung yang membiru dari kejauhan, diseling lembah-lembah yang dibelah aliran sungai menambah kesuburan tanah yang telah diberkati oleh keindahan ini.

Parahyangan seakan-akan mewakili romantisme kolonial tentang Mooie Indie. " Tanah Hindia yang Indah ". Begitulah dulu ketika kekhawatiran akan transformasi tanah indah yang menjadi gersang, kerap diterjang banjir dan longsor belum dirasakan. Kita menyadari kini bahwa keindahan Tatar Sunda mungkin sedang terancam, sungai-sungainya mungkin tak pula lagi sebening dulu meski gunung-gunungnya masih tegak berdiri dengan anggun.

Bagaimanakah gerangan awal kejadian Tatar Sunda ini? Dalam menghadapi hal seperti ini maka jawaban terhadap pertanyaan mengenai asal-usul itu sangat bergantung pada ada atau tidaknya tradisi lisan yang hidup di kalangan masyarakat. Bagaimanakah masyarakat se tempat menerangkan asal usul Tatar Sunda? Ada kalanya memang tradisi lisan itu bisa dipastikan sebagai salinan dari ingatan kolektif.

Meskipun dalam perjalanan zaman perubahan dari corak ingatan kolektif bisa saja terjadi. Perubahan itu hanya mungkin "terhenti" jika seandainya pada waktu tertentu ingatan kolektif yang telah menjadi tradisi lisan dituliskan. Beginilah bisa juga dikatakan bahwa scjarah, sebagai uraian peristiwa yang sesungguhnya terjadi telah bersembunyi di belakang mitologisasi peristiwa yang dikisahkan tradisi lisan.

Mitos ini adalah jawaban bagi pertanyaan yang tak terjawab oleh sistem rasionalitas yang berlaku. Ketika kemampuan ilmiah belum bisa menjawabnya, kita pun menemukan berbagai jawaban mitologis tentang penciptaan alam ini. Begitu pula halnya dengan berbagai gejala kebudayaan dan keharusan nilai. Masyarakat tradisional akan menjawab Semua pertanyaan yang ditimbulkannya dalam kerangka rasionalitas yang mitologis.

Kita mengenal legenda Sangkuriang sebagai kisah penciptaan sebagian alam Tatar Sunda, khususnya yang berkaitan dengan Danau Bandung dan sekitarnya. Dalam legenda ini dikisahkan bagaimana Sangkuriang yang marah karena tidak bisa menikahi Dayang Sumbi, yang sebenarnya adalah ibu kandungnya, menendang sebuah perahu.

Konon, perahu itu dibuatnya untuk berlayar bersama Dayang Sumbi di sebuah danau yang dibuat dalam waktu hanya semalam atas permintaan calon pengantinnya itu. Secara ajaib perahu yang ditendang Sangkuriang menjelma menjadi Gunung Tangkuban Perahu yang terletak di sebelah utara Kota Bandung, dan danau yang dibuat dalam semalam itu kemudian mengering dan kini bekas danau itu menjadi Kota Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat sekarang.

Demikianlah legenda yang hidup di kalangan masyarakat Sunda secara turun-temurun, dengan berbagai versi-nya. Akan tetapi, legenda adalah legenda yang hanya hidup dalam alam pikiran masyarakat tradisional dahulu yang berusaha menerangkan peristiwa alam sejauh jangkauan alam pikirannya yang bersifat mistis.

Lalu bagaimana sesungguhnya terjadinya alam Tatar Sunda yang sangat indah itu dan dari mana asal-usul manusia Sunda? Berikut ini akan dipaparkan hasil kajian ilmiah berdasarkan disiplin geologi dan arkeologi.

Sumber : http://kumeokmemehdipacok.blogspot.co.id/2013/10/sejarah-tatar-sunda-dimasa-prasejarah-mitos-dan-sejarah.html

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images